Wednesday, April 11, 2012

Potensi Wisata Air Terjun Njinea Kab. Parigi Moutong


Air Terjun "Njinea" namanya menurut pendudduk setempat.  Air terjun ini terletak di Desa Sakina Jaya, yang sebelumnya desa tersebut adalah pecahan dari Desa Pangi, Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutog.

Dari Ibu Kota Propinsi "Palu" perjalanan ditempuh + 60 km, sedangkan jarak dari jalan trans sulawesi menuju tempat wisata air terjun Njinea membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam dengan berjalan kaki.  Saat ini waktu tempuh sudah lebih mudah, oleh karena 1/2 jalan sudah dapat ditempuh dengan menggunakan roda dua, sehingga perjalanan sudah lebih singkat dengan memakan waktu 1 setengah jam.  Dalam perjalanan menuju lokasi kita akan menyusuri hutan dan sering menjumpai anak-anak sungai.

Bagi para Pecinta Alam di wilayah Kab. Parigi Moutong, air terjun ini bukan merupakan hal baru lagi.  Seiring berjalannya waktu air terjun Njinea belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat, dan hingga kini potensi wisata alam ini terbiarkan begitu saja.  Yang menghawatirkan adalah terjadinya kerusakan disekitar air terjun tersebut yang menyebabkan kurangnya debit air, oleh karena perambahan hutan di daerah sekitar, tentunya mempengaruhi rusaknya keindahan di sekitar lokasi yang menurut penduduk setempat memiliki 12 tingkat tersebut.

Apabila menelusuri disetiap tingkat dari Air terjun Njinea kita dapat melihat kemewahan desain Sang Maha Pencipta terlihat disana, yang disetiap tingkatan dikelilingi bebatuan cadas berwarna hitam, dan setiap tingkatan juga terdapat kolam-kolam, namun kolam-kolam tersebut saat ini tertimbun pasir, oleh karena kiriman dari aliran sungai dibagian atas air terjun tersebut sehingga terjadinya pendangkalan.  Hal ini terjadi dapat diperkirakan akibat dari kerusakan pada daerah DAS (daerah aliran sungai) yang berada disepanjang aliran sungai Njinea.

Semoga menjadi referensi bagi yang suka berwisata alam, dan menjadi perhatian pemerintah setempat dalam menjaga potensi-potensi daerah, tentunya kedepanya dapat menjadi sumber devisa daerah.

1 comment:

  1. Nanang, saya yakin masih banyak lagi kekayaan alam yang ada di sekitar njinea yang perlu di explore lagi, karena saya pernah kesana belasan tahun lalu.

    ReplyDelete